KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS
“PELUANG USAHA BISNIS FRANCHISE ES BANGJO”
Disusun :
Nama : Fajar Junio Haridarma
NIM : 15.02.9151
Kelas
: 15-D3MI-04
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN
INFORMATIKA DAN KOMPUTER
AMIKOM YOGYAKARTA
2015
KATA PENGANTAR
Assalamua’alaikum
Wr.Wb
Puji
syukur atas kehadirat allah SWT yang telah memberikan rahmat, inayah, Hidayah
serta anugrahnya kepada saya, sehingga syukur alhamdulillah saya dapat
menyelesaikan tugas Lingkungan Bisnis yang diberikan oleh Bapak Prof. Dr. M. Suyanto, M.M. ke-Seluruh Mahasiswa
Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan
Komputer Amikom Tahun Akademik 2013/2014, yang bertema tentang “Peluang Bisnis”. Dalam hal ini saya
akan membuat Tugas Karya Ilmiah dengan judul “Peluang Usaha Franchise ES
Bangjo”.
Apabila Dalam pembuatan Tugas ini mungkin ada kesalahan tentang isi pada
artikel ini, saya mohon maaf, dan jika terdapat kebenaran jadikan itu pelajaran
dan semangat untuk kita semua serta untuk memulai usaha.
Semoga
Tugas Karya Ilmiah yang singkat ini dapat bermanfaat bagi kita semua, Amiiiin.
Akhir kata saya ucapkan terima kasih.
Wassaamu’alaikum
Wr. Wb.
ABSTRAK
Usaha Bisnis Franchise ES Bangjo
Oleh
: Fajar Junio Haridarma/ 15-D3MI-04 / 15.02.9151
Persaingan
dalam menjual produk maupun jasa semakin banyak, sehingga banyak para pengusaha
atau pelaku bisnis menawarkan produk maupun jasanya dengan berbagai macam cara agar konsumen tertarik
untuk membeli produk atau jasa yang dijual.Semakin banyak pesaing, maka semakin
banyak cara untuk menarik konsumen agar tertarik membeli produk atau jasa yang
dijual. Akan tetapi tidak semua cara dapat berjalanan dengan lancar sehingga
mengakibatkan kerugian bagi perusahaan. Dalam mengantisipasi sesuatu yang tidak diinginkan
terjadi pada usaha yang dirintis, maka langkah-langkah yang harus dilakukan
terlebih dahulu adalah membuat perencanaan bisnis sehingga para calon pengusaha dapat mengurangi resiko
yang mungkin dapat terjadi pada usaha yang akan.
Bang Jo’e adalah nama pembuat milkshake unik yang telah mempunyai banyak
penggemar di Yogya sejak 2004. Milkshake dan smoothies hasil racikannya memang berbeda
dengan produk yang sejenisnya. Didukung dengan sistem penjualan yang ramah dan
gaul sehingga dikenal di kalangan anak muda adalah salah satu keunggulan dari
kedai es bang joe. Berawal dari sebuah gerobak dengan nama Es Mocca Bang Joe
yang berada di depan Hotel Sahid Babarsari, dengan bermodal semangat dan
sedikit uang pinjaman dari seorang rekan, pemilik mulai berkreasi dan
menjajakan milkshake di sekitar kampus Universitas Atmajaya dan UPN Veteran Babarsari.
Lambat laun milkshake hasil racikannya mendapatkan respon positif dari
pelanggan yang mayoritas anak kuliah, dengan gaya latahnya yang khas semakin
hari milkshake hasil racikannya ini mulai berkembang dan hingga kini memiliki
banyak cabang di Yogyakarta.(www.esbangjoe.com).
Peluang bisnis dengan sistem franchise sangat menyakinkan. Sebab dengan
metode franchise, sebagai pengusaha muda tidak pusing dengan cara memulai
bisnis baru yang selama kini. Dengan ini pengusaha tinggal menyiapkan tempat
untuk memulai usaha.
ISI
A. Sistem Kemitraan ES Bangjo
1.
Investasi Mitra Mandiri Rp.25.000.000
Menawarkan sebuah sistem kemitraan
untuk rekan bisnis Es Bang Jo'e diseluruh Indonesia dengan sistem Investasi Mitra
Mandiri. Investasi ini berupa lisensi akan merek dagang yang diberikan oleh Es
Bang Jo'e kepada mitra yang ingin
mengembangkan bisnis Es Bang Jo'e dengan mempersiapkan
sarana dan prasarana secara mandiri.
2.
Investasi Mitra Booth Rp.75.000.000 (Booth Bang Jo'e)
Menawarkan sebuah Sistem
kemitraan untuk rekan bisnis Es Bang Jo'e di seluruh Indonesia dengan konsep
Booth Bang Jo’e. Booth yang sangat menarik dan didukung dengan konsep knockdown
(bongkar pasang) untuk memudahkan pada saat pengiriman dan mudah untuk
berpindah lokasi.
3.
Investasi Mitra Kedai Rp.100.000.000
(Kedai Es Bang Jo`e)
Menawarkan sebuah sistem kemitraan untuk rekan bisnis Es
Bang Jo'e di seluruh Indonesia dengan konsep Kedai Es Bang Jo’e. Kedai yang
sangat eye catching dan funky untuk menjadi tempat berkumpul bersama rekan
sekaligus menikmati kesegaran milkshake dan smoothies.
B. Strategi-strategi
tersebut adalah sebagai berikut :
1.
Strategi produk
Produk ini adalah produk minuman
milkshake yang memiliki berbagai macam rasa, dengan produk yang berkualitas dan
aman dikonsumsi.
2.
Strategi Harga
Harga yang ditetapkan untuk minuman
dengan variant rasa per cup Rp 6.500.
3.
Strategi promosi
Kegiatan promosi yang dilakukan
untuk memperkenalkan produk milkshake ini yaitu dengan:
- Media sosial
seperti facebook, twitter, BBM sehingga tidak
ada biaya khusus dan tergolong murah.
- Memasang
pamflet.
- Menyebarkan
brosur-brosur yang berisi promosi.
4.
Strategi sumber daya manusia
Pelayanan yang ramah dengan senyum
dan sapa, serta canda tawa melalui obrolan menjadi strategi es Bang Jo’e untuk
memikat konsumen.
5.
Strategi fisik
Tempat yang bersih merupakan hal
yang sangat penting agar konsumen merasa nyaman saat berkumpul sambil menikmati
minuman shake.
6.
Strategi proses
Konsumen dapat melihat cara
pembuatan milkshake secara langsung sehingga tidak ada kecurangan yang dapat
merugikan konsumen.
REFERENSI
0 komentar: