Selasa, 01 Maret 2016

KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS “PELUANG USAHA BISNIS FRANCHISE ES BANGJO”

KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS
“PELUANG USAHA BISNIS FRANCHISE ES BANGJO





Disusun :

Nama    : Fajar Junio Haridarma
NIM        : 15.02.9151
Kelas     : 15-D3MI-04




SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
AMIKOM YOGYAKARTA
2015


KATA PENGANTAR

         Assalamua’alaikum Wr.Wb
Puji syukur atas kehadirat allah SWT yang telah memberikan rahmat, inayah, Hidayah serta anugrahnya kepada saya, sehingga syukur alhamdulillah saya dapat menyelesaikan tugas Lingkungan Bisnis yang diberikan oleh Bapak Prof. Dr. M. Suyanto, M.M. ke-Seluruh Mahasiswa Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Amikom Tahun Akademik 2013/2014, yang bertema tentang “Peluang Bisnis”. Dalam hal ini saya akan membuat Tugas Karya Ilmiah dengan judul “Peluang Usaha Franchise ES Bangjo”. Apabila Dalam pembuatan Tugas ini mungkin ada kesalahan tentang isi pada artikel ini, saya mohon maaf, dan jika terdapat kebenaran jadikan itu pelajaran dan semangat untuk kita semua serta untuk memulai usaha.
Semoga Tugas Karya Ilmiah yang singkat ini dapat bermanfaat bagi kita semua, Amiiiin. Akhir kata saya ucapkan terima kasih.
Wassaamu’alaikum Wr. Wb.



ABSTRAK

Usaha Bisnis Franchise ES Bangjo
Oleh : Fajar Junio Haridarma/ 15-D3MI-04 / 15.02.9151

Persaingan dalam menjual produk maupun jasa semakin banyak, sehingga banyak para pengusaha atau pelaku bisnis menawarkan produk maupun jasanya dengan berbagai macam cara agar konsumen tertarik untuk membeli produk atau jasa yang dijual.Semakin banyak pesaing, maka semakin banyak cara untuk menarik konsumen agar tertarik membeli produk atau jasa yang dijual. Akan tetapi tidak semua cara dapat berjalanan dengan lancar sehingga mengakibatkan kerugian bagi perusahaan. Dalam mengantisipasi sesuatu yang tidak diinginkan terjadi pada usaha yang dirintis, maka langkah-langkah yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah membuat perencanaan bisnis sehingga para calon pengusaha dapat mengurangi resiko yang mungkin dapat terjadi pada usaha yang akan.
Bang Jo’e adalah nama pembuat milkshake unik yang telah mempunyai banyak penggemar di Yogya sejak 2004. Milkshake dan smoothies hasil racikannya memang berbeda dengan produk yang sejenisnya. Didukung dengan sistem penjualan yang ramah dan gaul sehingga dikenal di kalangan anak muda adalah salah satu keunggulan dari kedai es bang joe. Berawal dari sebuah gerobak dengan nama Es Mocca Bang Joe yang berada di depan Hotel Sahid Babarsari, dengan bermodal semangat dan sedikit uang pinjaman dari seorang rekan, pemilik mulai berkreasi dan menjajakan milkshake di sekitar kampus Universitas Atmajaya dan UPN Veteran Babarsari. Lambat laun milkshake hasil racikannya mendapatkan respon positif dari pelanggan yang mayoritas anak kuliah, dengan gaya latahnya yang khas semakin hari milkshake hasil racikannya ini mulai berkembang dan hingga kini memiliki banyak cabang di Yogyakarta.(www.esbangjoe.com).
Peluang bisnis dengan sistem franchise sangat menyakinkan. Sebab dengan metode franchise, sebagai pengusaha muda tidak pusing dengan cara memulai bisnis baru yang selama kini. Dengan ini pengusaha tinggal menyiapkan tempat untuk memulai usaha.


ISI
A.   Sistem Kemitraan ES Bangjo

1. Investasi Mitra Mandiri Rp.25.000.000   
Menawarkan sebuah sistem kemitraan untuk rekan bisnis Es Bang Jo'e diseluruh Indonesia dengan sistem Investasi Mitra Mandiri. Investasi ini berupa lisensi akan merek dagang yang diberikan oleh Es Bang Jo'e kepada mitra yang ingin
mengembangkan bisnis Es Bang Jo'e dengan mempersiapkan sarana dan prasarana secara mandiri.

2. Investasi Mitra Booth Rp.75.000.000 (Booth Bang Jo'e)
 Menawarkan sebuah    Sistem kemitraan untuk rekan bisnis Es Bang Jo'e di seluruh Indonesia dengan konsep Booth Bang Jo’e. Booth yang sangat menarik dan didukung dengan konsep knockdown (bongkar pasang) untuk memudahkan pada saat pengiriman dan mudah untuk berpindah lokasi.

3. Investasi Mitra Kedai Rp.100.000.000  (Kedai Es Bang Jo`e)
Menawarkan sebuah sistem kemitraan untuk rekan bisnis Es Bang Jo'e di seluruh Indonesia dengan konsep Kedai Es Bang Jo’e. Kedai yang sangat eye catching dan funky untuk menjadi tempat berkumpul bersama rekan sekaligus menikmati kesegaran milkshake dan smoothies.


B.   Strategi-strategi tersebut adalah sebagai berikut :
1.    Strategi produk
Produk ini adalah produk minuman milkshake yang memiliki berbagai macam rasa, dengan produk yang berkualitas dan aman dikonsumsi.
2.    Strategi Harga
Harga yang ditetapkan untuk minuman dengan variant rasa per cup Rp 6.500.
3.    Strategi promosi
Kegiatan promosi yang dilakukan untuk memperkenalkan produk milkshake ini yaitu dengan:
- Media sosial seperti facebook, twitter, BBM sehingga tidak
  ada biaya  khusus dan tergolong murah.
- Memasang pamflet.
- Menyebarkan brosur-brosur yang berisi promosi.
4.    Strategi sumber daya manusia
Pelayanan yang ramah dengan senyum dan sapa, serta canda tawa melalui obrolan menjadi strategi es Bang Jo’e untuk memikat konsumen.
5.    Strategi fisik
Tempat yang bersih merupakan hal yang sangat penting agar konsumen merasa nyaman saat berkumpul sambil menikmati minuman shake.
6.     Strategi proses
Konsumen dapat melihat cara pembuatan milkshake secara langsung sehingga tidak ada kecurangan yang dapat merugikan konsumen.

REFERENSI






Author:

0 komentar: